Sosial Ekonomi

Begini Harusnya Anak Muda Menanggapi Sumpah Pemuda

Oleh : Budi W / Kamis, 27 Oktober 2016 16:30
Begini Harusnya Anak Muda Menanggapi Sumpah Pemuda
Surya Wijaya Ketika menjadi fasilitator lingkungan hidup dengan tema Polusi Perkotaan


Yogyakarta, www.gudeg.net - Bukan generasi aktif kalau tidak membuat sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa terutama lingkungan sekitar. Demikian informasi tersebut disampaikan oleh Humas Save Our Sand Dune Live, Surya Wijaya saat berbincang - bincang dengan Tim Gudegnet siang ini. Momentum sumpah pemuda digunakan untuk mengemas aksi lingkungan menjadi sebuah aksi pertunjukan seni untuk belajar sastra di pinggir pantai Parang Tritis.

"Jalamuda merupakan sebuah aksi sosial untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengusung tema sastra," jelas Surya.

Menurutnya, pejuang masa lalu terus berupaya meraih kemerdekaan Indonesia. Para pejuang mengemas orasi dengan tata bahasa sastra yang terbukti mampu mengobarkan semangat untuk meraih kemerdekaan. Janji prasetya para pemuda jaman dulu mengenai tumpah darah - tanah air Indonesia, berbangsa satu - bangsa Indonesia, serta menjunjung bahasa persatuan - bahasa Indonesia merupakan ikrar yang telah ada semenjak 88 tahun silam.

"Menurut saya, Sumpah Pemuda merupakan janji dari pemuda untuk meneruskan perjuangan pahlawan dengan konteks positif untuk memajukan bangsa," tambahnya.

Selain berjuang menuntut ilmu secara baik, Surya juga menekankan pada generasi penerus bangsa untuk turut melestarikan lingkungan alam dan budaya yang telah ditularkan oleh para leluhur kita. "Kami ingin anak muda itu harus memiliki sifat sentimentil pada lingkungan. Dengan sikap tersebut, maka mereka akan peka pada alamnya," tukas Surya semangat.

Secara umum, ia ingin pemuda saat ini memiliki pemahaman dasar serta memiliki pengetahuan mengenai lingkungan. Upaya ini dapat menanamkan rasa cinta pada alam sehingga para generasi muda dapat turut serta dan berupaya menjaga dan melestarikannya. "Kita dapat memaknai Sumpah Pemuda dengan cara - cara itu, semoga curhatan ini bermanfaat," ucapnya sembari terkekeh. 

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini