Tips Hari Ini

Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Fit di Cuaca Ekstrim

Oleh : Karni Narendra / Rabu, 26 Juli 2017 10:15
Ilustrasi foto/ chowi

 

www.gudeg.net,Yogyakarta - Akhir-akhir ini Jogja sedang dilanda cuaca yang tidak menentu. Seperti panas namun berhawa dingin. Bahkan terkadang hujan dan panas yang tidak menentu.  Dengan cuaca seperti ini apabila kondisi badan kita tidak fit akan mudah terserang penyakit. Pada umumnya banyak yang terkena flu dan demam. Penyakit tersebut banyak menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan agar badan tetap fit. Berikut tips-tips yang bisa dicoba untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit.

#1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Asupan gizi sangat berpengaruh bagi kondisi tubuh.Tubuh kita akan menyerap  makanan yang masuk dan memisahkan antara gizi yang diserap dan limbah makanan. Alangkah baiknya apabila kita banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Kurangi makanan yang banyak  mengandung lemak dan limbah untuk tubuh seperti  gorengan, minum-minuman bersoda, kurangi karbohidrat dan kurangi minuman manis.

#2.  Perbanyak minum air putih

Air putih sangat penting bagi tubuh kita,selain mencegah dehidrasi air putih juga membantu membersihkan pencernaan kita. Perbanyak minum air putih ,dengan pola minum segelas air putih 5 menit setelah bangun tidur,sebelum makan usahakan minum air putih terlebih dahulu dan menjelang tidur.

#3.  Istirahat cukup

Istirahat yang cukup juga membantu metabolisme tubuh kita selain itu badan akan lebih fresh dan otak kita juga bisa berpikir lebih jernih. Apabila kondisi tubuh kita capek namun tetap dipaksa untuk beraktivitas akan mengakhibatkan daya tahan tubuh kita menurun.

#4.  Kurangi kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti begadang, merokok, minum-minuman beralkohol,jajan atau makan-makanan sembarangan harus dihindari.

#5.  Minum vitamin

Minum suplemen makanan atau vitamin C juga bagus untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi vitamin c bisa membantu untuk  menjaga daya tahan tubuh. Vitamin c tidak hanya bisa diperoleh di suplemen namun bisa juga diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk, kiwi dll.

#6.  Olahraga teratur

Dengan berolahraga secara teratur akan membuat peredaran darah kita lancar,suhu tubuh meningkat sehingga menurunkan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Olahraga ini tidak harus dengan olahraga berat namun bisa dimulai dengan hal-hal yang ringan seperti  jalan kaki atau lari-lari kecil di pagi hari. Kamu juga bisa melakukan Yoga atau senam sebagai  alternative.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini