Lingkungan Hidup

Kreasi Lampion Pelajar Peringatan Hari Lingkungan Hidup

Oleh : Rahman / Selasa, 23 Juli 2019 12:18
Kreasi Lampion Pelajar Peringatan Hari Lingkungan Hidup
Sejumlah pelajar merakit lampion pada saat perlombaan memperingati Hari Lingkungan Hidup di Balalikota Yogyakarta,(22/7)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Memperingati Hari Lingkungan Hidup Dinas Lingkunngan Hidup Kota Yogyakarta menggelar perlombaan membuat lampion dengan berbahan dasar sampah plastik di Lapangan Balaikota Yogyakarta, Senin (22/7).

Acara yang diikuti oleh ratusan pelajar setingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Yogyakarta ini mengambil tema Biru Langitku Hijau Bumiku. Dimana seluruh peserta diwajibkan membuat lampion dari bahan plastik yang ada disekitar rumah mereka tinggal.

Pelajar SMP Negeri 15 Rina mengatakan, bahan yanng dgunakan untuk perlombaan sudah disiapkan dari dua hari yang lalu di sekolah berupa wadah minum plastik.

“Kami bawa cukup banyak wadah plastik bekas air mineral, kami merangkai sebuah lampion dengan konsep seperti pohon dengan ciri khas batang bercabang-cabang dan tanah dibawahnya,” ujarnya.

Selain itu Rina menambahkan, SMP 15 juga telah menerapkan program anti sampah plastik disekolahnya dengan cara pembatasan penggunaan plastik dalam aktivitas keseharian.

Perlomabaan pembuatan lampion pllastik ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Pemkot Yogyakarta, yang mana puncaknya akan diselenggarakan di Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Bakung di Baciro pada tanggall 30 Juli 2019 mendatang.

abid Pengembangan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Very Tri Jatmiko menjelaskan, perlombaan yang diperuntukan bagi pelajar ini bertujuan agar mereka sudah perduli dan mengerti akan pelestarian lingkungan.

“Sampah yang masih layak pakai itu dapat diolah menjadi sesuatu atau barang yang bisa dipergunakan kembali dan dalam lomba ini, kami mewajibkan mereka berinovasi dengan menghasilkan lampion sampah plastik,” jelasnya.

Very melanjutkan, perinagatan Hari Lingkungan Hidup ini tidak ahanya terbatas pada lomba pembuatan lampion saja, ada lomba mewarnai tingakat SD hingga pembacaann puisi dengan tema lingkungan.

“Kami menyasar pada pelajar dengan harapan mereka dapat merubah kebiasaan mengkonsumsi plastik di hari depannya karena sebagai generasi penerus mereka harus dapat merubah bumi menjadi tempat yang bebas dari sampah plastik,” harap Very.

Untuk perayaan puncak Hari Lingkungan Hidup direncanakan akan diadakan upacara yang melibatkan sekitar 300 orang.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM



    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini