Sosial Ekonomi

Kepala Disperindag DIY: Media Digital Buat IKM Yogyakarta Lebih Maju

Oleh : Rahman / Sabtu, 19 Oktober 2019 19:05
Kepala Disperindag DIY: Media Digital Buat IKM Yogyakarta Lebih Maju
Kepala Disperindag DIY Aris Riyanta (tiga kiri) dan Dirjen IKM dan Aneka Kemenperin RI Gati Wibawaningsih (tiga kanan) seusai Soft Launching Design Lab Sentra Industri Kecil dan Menengah di Kotagede, (19/10)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net. IKM di Yogyakarta dapat dikatakan sudah cukup maju, terlebih saat ini pemasaran produk dapat melalui media online maupun media digital seperti instagram dan lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Disperindag DIY Aris Riyanta pada saat menghadiri acara Soft Launching Design Lab Sentra Industri Kecil dan Menengah di Kotagede, Sabtu, (19/10).

“Pemasaran yang memanfaatkan media digital untuk saat ini lebih kepada makanan dan minuman terlebih dengan desain kemasan produk yang menarik dapat membuat para konsumen tertarik untuk datang atau bahkan memesan secara online,” ujarnya.

Aris Riyanta mengatakan, untuk lebih meningkatkan kualitas desain kemasan IKM Yogyakarta akan dibangun wadah bernama Jogja Creative Centre di wilayah Bantul pada tahun depan.  

“Yogyakarta akan memiliki tempat untuk meningkatkan hasil produk dengan desain yang lebih baik bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dengan Program Design Lab dari Kementerian Perindustrian RI,” ujarnya.

Aris menjelaskan, melalui Program Design Lab Sentra Industri Kecil dan Menengah ini para pelaku IKM akan didorong agar menghasilkan produk-produk dengan desain berkualitas dan sesuai dengan keinginan pasar. Selain itu juga IKM akan mendapatkan bimbingan dari Akademisi, Praktisi Desain, Praktisi Bisnis dan Pelaku Industri lainnya.

“Desain produk merupakan salahsatu faktor utama dalam meningkatkan pengembangan bisnis,karena suatu produk akan memiliki daya saing apabila desainnya baik dan bagus. Dengan demikian konsumen akan lebih tertarik pada produk yang dipasarkan,” jelasnya.

Dengan adanya Design Lab Sentra Industri Kecil dan Menengah diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk lokal.

“Rencanannya untuk program Design Lab ini akan memfokuskan kepada Sentra IKM Perak Kotagede dan IKM Batik Lendah Kulonprogo karena kedua produk ini sudah cukup dikenal luas bahkan hingga Internasional,” tutur Aris.

Untuk menujang itu program Design Lab ini juga dikembangkan sebuah aplikasi Smart Sentra yang nantinya akan berfungsi sebagai media pembelajaran online dan monitoring program.

Sementara itu Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih yang turut hadir dalam acara ini mengungkapkan, dengan Program Design Lab Sentra Industri Kecil dan Menengah ini diharapkan para IKM dapat menghasilkan produk-produk dengan berkualitas.

“Pemasaran sebuah produk juga tergantung pada desain kemasannya, karena desain merupakan elemen penting yang mampu memberikan nilai tambah suatu produk, baik dari sisi penampilan maupun fungsi,” tutur Gati.

Program Design Lab yang akan dijalankan ini merupakan pilot project peningkatan nilai tambah Sentra IKM berbasis pasar.

‘Harapannya IKM dapat memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis dengan mandiri serta dapat  menyusun strategi pemasaran yang tepat dan mampu memproduksi produk berkualitas secara efisien,” harap Dirjen IKM dan Aneka Kemenperin itu.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini