Seni & Budaya

The Journey of Happiness, Pameran Lukisan Kartun dan Imajinasi Kanak-kanak

Oleh : Rahman / Senin, 23 Desember 2019 13:16
The Journey of Happiness, Pameran Lukisan Kartun dan Imajinasi Kanak-kanak
Pengunjung mengamati karya lukisan Ekwan Marianto yang terpajang di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Senin (23/12)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Puluhan lukisan berukuran besar bertemakan kartun dan dunia imajinasi anak-anak terpajang di ruang galeri Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Senin (23/12). 

Karya seni rupa yang bermain dengan warna-warna cerah tersebut merupakan hasil karya dari seorang perupa asal Tuban Jawa Timur bernama Ekwan Marianto.

Pada pamerannya kali ini Ekwan Marianto yang pernah mengenyam pendidikan seni rupa di Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta mengangkat tajuk The Journey of Happiness.

“Ini pameran tunggal saya yang ke-5 kalinya dan disini saya menampilkan lebih dari 40 karya terbaru, berupa karya seni dua dimensi dan tiga dimensi,” ujar Ekwan Marianto saat pembukaan pameran, Sabtu (21/12).

Ekwan menjelaskan, tema kartun, dunia imajinasi anak- anak dan keceriaan pada pamerannya kali ini merupakan luapan dari kenangan yang pernah dialaminya semasa kecil hingga saat ini.

“Seluruh karya saya ini terinspirasi dari keceriaan dan kebahagian kehidupan desa, film-film kartun yang pernah saya tonton waktu kecil dan perayaan-perayaan di desa tempat saya besar,” jelasnya.

Selain itu, Ekwan juga menuangkan berbagai ingatan serta imajinasinya terhadap sejumlah tokoh wayang, ukiran tradisional Indonesia dan graffiti yang berada di dinding-dinding kota Yogyakarta.

Bagi dirinya, berkesenian adalah sumber kebahagiaan dimana dirinya senang menyaksikan citra yang muncul dari permainan-permainan ekspresif serta kenangan-kenangan masa kecil.

“Dengan rasa bahagia saya dapat menjalankan kuas di tangan dengan penuh kepastian, goresan cat dengan warna-warna cerah menjadi luapan ekspresi saya. Menyenangkan melukis dengan sesuka hati, buat apa difikirkan, jalan saja terus ikuti tangan ini bergerak,” tuturnya.

Puluhan karya seni rupa yang dipajang telah dibingkai dengan menggunakan kayu besar dan diukir serta dilapisi pernis mengkilat.

Pada pameran ini Ekwan juga memajang sejumlah karya seni patung miliknya yang menggunakan bahan fiberglass.

“Beberapa karya patung yang saya pajang merupakan karya terbaru, dengan proses pembuatan memakan waktu sekitar dua minggu,” ungkapnya.

Pameran The Journey of Happiness berlangsung mulai tanggal 21 Desember 2019 hingga 4 Januari 2020 dengan jam operasional pameran dimulai 10.00-20.00 WIB.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini