Kuliner

Jenang Gempol Bu Yah, Jajanan Pagi di Pasar Pujokusuman

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 29 Juli 2020 10:30
Jenang Gempol Bu Yah, Jajanan Pagi di Pasar Pujokusuman
Jenang Gempol Bu Yah di Pasar Pujokusuman, Mergangsan-Gudegnet/Wirawan Kuncorojati

Gudeg.net-Pagi hari, memang paling pas berburu jenang. Kali ini kami mencicipi jenang Bu Yah di Pasar Pujokusuman yang terletak tak jauh dari Dalem Pujokusuman, Keparakan, Mergangsan, Yogyakarta. 

Dakiyah, penjual jenang, dengan cekatan mengambil gempol dengan santan, diwadahi daun dengan pincuk daun pisang. Setelah itu barulah ia menambahkan jenang yang berwarna kecokelatan.

Gempol berwarna putih, empuk, berbentuk bulat, terbuat dari tepung beras. Sedangkan jenang terbuat dari tepung beras, gula jawa,vanili, dan garam. 

Jenang terasa legit, dipadu dengan gempol dan santan yang gurih, pas dinikmati di suasana pagi Pasar Pujokusuman. Seporsinya murah saja, Rp 4.000. 

Bu Yah sudah berjualan jenang di pasar ini lebih dari 15 tahun. Di keluarga, ia merupakan penjual jenang generasi ketiga. Simbah dan ibunya dahulu juga berjualan jenang di pasar yang sama. 

Dahulu ia sempat juga berjualan di Pasar Beringharjo selama sekitar lima tahun. Ketika sang ibu sakit dan tak bisa berjualan ia kemudian pindah ke pasar ini. 

Di masa pandemi ini ia mendapat pesanan lebih banyak dari sebelumnya. Untuk memesan, dapat melalui aplikasi Whatsapp di nomor 089692739898. 

Jika tertarik untuk mencicipi, jangan datang kesiangan. “Bikak setengah enem, dumugi sak telase (Buka jam setengah enam pagi, sampai habis),” katanya kepada Gudegnet, Rabu (29/7). Biasanya, jenang gempol Bu Yah habis sekitar pukul sembilan.  

Peminatnya juga tak sedikit, sehinga kadang pembeli mesti sedikit mengantre. Namun, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19

Bu Yah berjualan di bagian depan, sehingga tak sulit untuk ditemukan. Ia berjualan di samping penjual sate. Untuk menuju pasar ini, dari perempatan Jalan Brigjen Katamso, ke arah selatan, belok kiri sebelum Bank Mandiri. Bangunan pasar sekilas nampak seperti benteng, terletak tak jauh dari belokan tersebut.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini