Berita

Kasus Transmisi Lokal Naik, Pemda DIY Minta Masyarakat Terus Waspada

Oleh : Rahman / Rabu, 05 Agustus 2020 15:03
Kasus Transmisi Lokal Naik, Pemda DIY Minta Masyarakat Terus Waspada
Sejumlah warga menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona di Pasar Beringharjo, Yogyakarta (2020)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Melonjaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY belakangan ini disebabkan dari maraknya penularan lokal atau yang sering disebut transmisi lokal.

Untuk itu Pemerintah Daerah (Pemda) DIY meminta masyarakat untuk terus waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transmisi lokal.

“Mulai saat ini protokol kesehatan lebih digalakan kembali karena sudah ditemukan banyak kasus positif yang berasal dari transmisi lokal. Kewaspadaan masyarakat juga harus lebih ditingkatkan lagi,” ujar Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana saat dihubungi Gudegnet, Rabu (5/8).

Biwara menyampaikan, dengan meningkatnya kasus transmisi lokal dapat dijadikan alasan kuat bagi masyarakat untuk dapat menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19.

Kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan merupakan kunci utama, karena tidak hanya pemerintah yang bertanggung jawab namun dibutuhkan juga peran serta masyarakat.

“Himbauan sudah sering kami sampaikan bahkan panduan pencegahan dan pengendalian Covid-19 juga sudah kami publikasikan. Hingga tahap sosialisasi bahaya Covid-19 juga sudah kami lakukan secara masif,” jelasnya.

Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui transmisi lokal, Biwara mengungkapkan, masyarakat harus dapat menghindari peluang terjadinya penularan yang lebih luas.

Selain itu Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di tingkat Desa atau Kelurahan juga diminta untuk terus mengedukasi masyarakat agar tidak terjadi lagi penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

“Kuncinya adalah dari orang per orang, masyarakat ke masyarakat, jika ingin penyebarannya berhenti maka hindari perilaku yang membuka peluang terjadinya penularan,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji juga menyampaikan, Pemda DIY telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas kesehatan agar mampu melayani masyarakat bila ada peningkatan kasus.

“Yang terpenting adalah peran serta semua pihak, sebagai penentu sejauh mana penyebaran Covid-19 akan terjadi. Jangan sampai transmisi lokal menjadi klaster penyebaran Covid-19 di DIY,” kata dia beberapa waktu lalu.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini