Sosial Ekonomi

Pameran ''Kendi Sembada'', Dorong Eksistensi UMKM di Pasar Digital

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 13 Oktober 2020 11:00
Pameran ''Kendi Sembada'', Dorong Eksistensi UMKM di Pasar Digital
Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, M. Riza Adha Damanik membuka pameran "Kendi Sembada" via teleconference/dok. Humas Sleman

Gudeg.net—Pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) “Kendi Sembada” telah dibuka, Senin (12/10). Pameran akan berlangsung sampai 13 November 2020.

Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop & UKM) Sleman membuat terobosan dengan menggelar pameran UMKM virtual berbasis mobile. Kendi sendiri adalah kependekaan dari “Peken (pasar) Digital”.

Pameran ini dibuka oleh Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, M. Riza Adha Damanik secara daring di Smart Room Dinas Kominfo Pemkab Sleman.

Riza mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sudah sesuai dengan arahan Menteri Koperasi dan UKM RI yang menginginkan upaya untuk meningkatkan eksistensi UMKM.

“Dengan adanya pameran 3D ini, diharapkan eksistensi UMKM, khususnya yang ada di Kabupaten Sleman dapat bertahan, bahkan dapat melejit lagi pasca pandemi nanti,” ujar Riza saat membuka pameran ini.

Riza menambahkan bahwa inovasi ini juga merupakan adaptasi dari perilaku pasar yang mulai banyak melakukan transaksi secara digital.

Ia juga menyebutkan bahwa UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital lah yang bisa bertahan dan bahkan tumbuh.

Sebanyak 85 UMKM mengikuti kegiatan ini; lima UMKM Kerajinan, 51 UMKM minuman dan makanan, 26 UMKM fashion, satu UMKM tanaman anggrek, dan satu UMKM produk kesehatan.

UMKM peserta pameran telah melewati serangkaian proses seleksi dan kurasi, mulai dari perizinan, tingkat keamanan produk, kelengkapan usaha, dan persyaratan lainnya.

Pameran ini juga kaan diisi oleh berbagai kegiatan seperti webinar, live music, talk show, dan lomba mewarnai.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupten (Pemkab) Sleman untuk menggenjot perputaran ekonomi UMKM di tengah pandemi dengan menggalakkan transaksi daring.

Masyarakat yang ingin mengunjungi pameran tiga dimensi ini dapat mengunduh aplikasi “Kendi Sembada” melalui Google Playstore untuk perangkat android.

Selanjutnya pengunjung dapat melihat-lihat stand pameran, sekaligus langsung memilih berbagai jenis produk yang ada di tempat tersebut.

Kemudian calon pembeli akan langsung dihubungkan dengan penjual untuk melakukan transaksi dan pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran, pembeli kemudian menunjukkan bukti pembayaran tersebut kepada penjual, lalu barang siap diantar ke tempat pemesan.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini