Tips Hari Ini

Tips Hindari dan Merawat ''Maskne''

Oleh : Trida Ch Dachriza / Senin, 19 Oktober 2020 16:00
Tips Hindari dan Merawat ''Maskne''
Ilustrasi jerawat masker

Gudeg.net—Masker sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari semenjak pandemi melanda. Beberapa di antara kita yang masih harus beraktivitas penuh di luar ruangan, masker terus bertengger di wajah.

Tak jarang masker lalu menimbulkan iritasi atau bahkan jerawat di area yang tertutup masker. Jerawat akibat masker ini disebuk “maskne” yang merupakan kependekan dari mask acne.

Dilansir dari flare.com, dr. Monica Li, dokter kulit dan instruktur klinis di Departemen Dermatologi dan Ilmu Kulit di University of British Columbia mengatakan, “ (Maskne) Adalah jerawat yang muncul di tempat gesekan, tekanan, oklusi atau gesekan, menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada folikel rambut."

Simak tips di bawah ini untuk cara menghindari dan menyembuhkannya.

#1 Pastikan masker bersih

Jika memakai masker kain, pastikan memiliki beberapa yang selalu dicuci setiap pemakaian. Jadi, saat pulang, cuci masker yang sudah dipakai seharian. Gunakan masker yang baru dicuci keesokan harinya.a

#2 Pakai skincare yang ringan

Tekstur yang cair seperti gel lebih disukai. Gunakan pelembab ataupun tabir surya dengan formula yang ringan dan konsistensi yang ringan. Semakin cair semakin baik.

#3 Pakai skincare yang tepat

Produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat topikal, benzoil peroksida atau retinoid (seperti retinol, tretinoin atau retinyl acetate) dapat membantu membuka pori-pori.

Bahan-bahan ini juga dapat mengurangi sifat berminyak pada kulit. Minyak yang menumpuk di wajah dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Perawatan wajah termasuk yang terkadang kita lakukan di rumah. Membersihkan wajah memeang esensial, tetapi jangan berlebihan.

Berlebihan membersihkan wajah dengan banyak langkah perawatan akan merusak lapisan pelindung kulit. Cukup bersihkan kulit dengan pembersih lembut.

#4 Makeup yang tepat juga

Sebaiknya hindari memakai makeup di area banyak kontak dengan masker. Namun, banyak profesi yang mengharuskan memakai makeup.

Jika memakai makeup, pilih yang berbahan dasar mineral. Bisa juga mempertimbangkan tinted moisturiser atau pelembab yang diberi warna.

#5 Istirahatkan wajah

Sesekali, saat menemukan tempat yang aman, lepaslah masker sebentar agar kulit dapat bernapas untuk sesaat. Namun, hanya lakukan saat keadaan aman saja.

Menjaga kulit memang penting, namun menjaga kesehatan diri dan orang-orang di sekitar kita lebih penting. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, ya.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini