Sosial Ekonomi

Lokasi Relokasi PKL Malioboro Bebas Retribusi

Oleh : Rahman / Selasa, 04 Januari 2022 19:24
Lokasi Relokasi PKL Malioboro Bebas Retribusi
Sejumlah pekerja terlihat menyelesaikan pembangunan lokasi relokasi pedagang kaki lima (PKL) Malioboro di lahan bekas Gedung Dinas Pariwisata DIY, Jalan Malioboro, Selasa (4/1)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY melalui Dinas Koperasi dan UKM DIY rencananya akan membebaskan biaya retribusi dilokasi relokasi PKL Malioboro yang baru.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan, untuk sementara waktu penggunaan lapak yang baru tidak dipungut biaya.

Ia menjelaskan, dengan tidak dipungut biaya agar para PKL dapat menata sistem perekonomiannya terlebih dahulu di lahan yang baru dan tidak merasa terbebani dengan adanya retribusi.

“Sementara tidak ada retribusi, tidak ada sewa tempat namun kelanjutannya masih dalam pembahasan,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi saat ditemui awak media di Kepatihan, Selasa (4/1).

Srie berharap, dengan tidak dupungut retribusi sementara waktu ini, para PKL dapat menjalankan usahanya dengan tenang.

Pemindahan atau relokasi pedagang kaki lima (PKL) Malioboro ke dua lokasi baru yaitu, gedung bekas bioskop Indra dan lahan bekas gedung Dinas Pariwisata DIY akan dimulai pada bulan ini.

Pantauan Gudegnet, tempat relokasi PKL di bekas gedung Dispar DIY telah masuk dalam tahap penyelesaian.

Lokasi ini terbagi menjadi dua blok, kiri dan kanan. Bagian tengah terdapat lorong sebagai penghubung dari lapak depan dan belakang.

Sekat-sekat lapak telah ditata rapi, atap menggunakan bahan aluminum, dasar lapak menggunakan Paving Block atau Conblock. Sedangkan, untuk kelistrikan telah disediakan satu buah steker serta lampu penerangan di setiap lapak.

Pada bagian belakang terdapat lahan cukup besar yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat berisitirahat. Di lokasi ini terdapat juga sejumlah fasilitas seperti, tempat cuci tangan portabel, lokasi anjungan tunai mandiri, toilet, taman kecil dan lainnya.

Srie menjelaskan, pihaknya juga akan memasang papan informasi agar para wisatawan dapat mengetahui keberadaan PKL di lokasi yang baru.

“Kami sudah persiapkan semua dan tinggal menunggu waktunya relokasi. Waktunya kapan, bisa minggu pertama atau kedua tapi target kami bulan Januari,” jelasnya.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini