Tips Hari Ini

Tips Turunkan Minus Mata Versi Dr. Bates

Oleh : albertus indratno / Jumat, 15 April 2016 12:07

Seorang teman mengeluhkan minus (kesulitan melihat jauh) di matanya yang terus bertambah. Sayangnya, ia juga enggan makan wortel yang selama ini dipercaya ampuh mengurangi penyakit tersebut.  Nah,untungnya puluhan tahun lalu Dr. William Bates - salah satu spesialis mata telah memberikan metode latihan yang dipercaya bisa mengurangi minus di mata.

Ia mengungkapkan caranya dalam buku berjudul "Better Eyesight Without Glasses." Meskipun masih menjadi kontroversi karena bertentangan dengan metode ilmu kedokteran yang menyarankan operasi untuk menghilangkan minus, metode Dr. Bates tetap diikuti oleh ribuan orang dari seluruh penjuru dunia.

Inti dari metode Dr. Bates ialah latihan terus menerus agar otot-otot di mata bisa mengatur fokus atau dalam keadaan "fiksasi sentral." Ada 3 (tiga) elemen pokok yang harus terus menerus diasah dari setiap latihan yaitu tubuh, pikiran dan jiwa. Meskipun ada elemen lain yang perlu mendapat perhatian yaitu makanan, postur tubuh dan tingkat stres. 

Berikut ini merupakan latihan yang dipaparkan oleh Dr. Bates:

Bersembunyi
Tujuan latihan ini untuk membuat mata lebih rileks dan beristirahat. Caranya sangat mudah. Cobalah duduk dengan posisi paling nyaman di depan meja. Lalu, susunlah beberapa bantal hingga tingginya sejajar dengan mata. Letakkan siku tangan di atas bantal. Lalu, gunakan kedua telapak tangan untuk menutup mata hingga tak ada cahaya yang masuk. Atur pernapasan perlahan-lahan sambil terus mengusahakan perasaan tenang di dalam kegelapan. Lakukan terus menerus selama 10 menit sebanyak 2 - 3 kali per hari.

Menggoyangkan bola mata dan berkedip
Anda bisa berdiri dan memandang satu titik dari jarak jauh. Lalu, goyangkan bola mata dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Usahakan juga untuk berkedip sebanyak 100 kali per hari. Salah satu fungsi kedipan ialah melumasi dan membersihkan mata.

Satu warna per hari
Anda bisa mulai berkomitmen dengan sendiri untuk memilih satu warna per hari. Cobalah untuk memandang benda-benda sesuai dengan warna yang dipilih. Latihan ini berguna untuk menumbuhkan kesadaran akan warna pada sebuah benda. 

Melihat matahari
Jika hari cerah, Anda bisa mencoba untuk melihat matahari. Anda tinggal menutup mata lalu mengarahkan kepala ke matahari. Sembari melihat matahari, gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan sampai hampir menyentuh pundak. Guna latihan ini untuk melancarkan sirkulasi darah ke leher. Lakukan selama 3 - 5 menit per hari.

Mengalihkan pandangan

Saat ini sebagian besar manusia menggunakan komputer dan menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar monitor. Perlahan, radiasi dari monitor itu akan menurunkan kemampuan melihat. Nah, untuk mengatasinya, Anda tinggal mengalihkan pandangan dari layar monitor ke objek lain, semisal motif di baju, gambar di tembok atau pohon-pohon yang tumbuh di seberang kantor. Latihan ini bisa mengurangi menurunkan rabun jauh, dekat atau masalah penglihatan lain seperti katarak.

Dr Bates menyarankan ketika melakukan latihan-latihan tersebut Anda fokus terus kepada mata. Selain itu, Anda sebaiknya juga melepas kacamata atau lensa kontak agar lebih nyaman selama berlatih.

Semoga membantu!

Salam

 

 Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Handayani FM

    Handayani FM

    Handayani FM



    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini