Tips Hari Ini

Tips Aman Belanja On Line

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Saat ini segalanya dipermudah dengan adanya toko online. Anda hanya tinggal memasukkan nomer kartu kredit, klik, lalu tunggu beberapa hari barang pun tiba di rumah. Tak perlu antri. Tak perlu keluar rumah. Benar-benar mudah bukan? Sayangnya, cara berbelanja modern ini justru menimbulkan modus kejahatan baru. Alih-alih mendapat barang baru, uang Anda justu hilang dan barang tak juga datang. Agar terhindar dari kejahatan dunia maya seperti itu, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Cek secara detail
Selain reputasi yang baik, toko online yang terpercayajuga mencantumkan nomer telepon, alamat atau layanan pengaduan konsumen.

Pastikan adanya sertifikat SSL
SSL atau Secured Socket Layer ialah sebuah teknologi persandian yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa bernama Netscape. SSL berfungsi untuk mengamankan situs. Dengan adanya serifikat ini Anda bisa bertransaksi dengan aman karena adanya perlindungan ketika ada pengiriman data dari web server ke pengunjung. Sebuah situs yang memiliki sertikat SSL ditandi oleh gambar gembok pada bagian browser.

Periksa bagian terms and service
Sebelum Anda membayar dengan kartu kredit, ada baiknya memeriksa kebijakan di toko yang bersangkutan. Apakah ada jaminan uang dikembalikan seandainya terjadi kerusakan atau hal-hal lain di luar kesepakatan? Jika iya, Anda bisa mulai berbelanja dengan aman. Jika tidak, lupakan saja!

Awas, phishing!
Secara sederhana phishing bisa dijelaskan sebagai cara untuk mendapatkan data-data penting dan pribadi seperti nama pengguna, sandi bahkan nomor kartu kredit. Biasanya, pelaku kejahatan menawarkan produk-produk terbaru lewat email dengan harga terlalu rendah lalu meminta Anda melengkapi lembar isian.

Semoga Anda berbelanja secara aman dan nyaman.

 Salam

 

Tim Gudegnet


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini