Tips Hari Ini

Cara Memilih Binatang Peliharaan

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi pengalaman menyenangkan bagi setiap anggota keluarga. Ada beberapa halyang perlu diperhatikan bersama agar  "anggota baru"  ini tak menganggu. Apa saja hal-hal itu? Yuk, simak beberapa catatan di bawah ini:

Komitmen atas waktu
Apakah setiap anggota keluarga benar-benar setia dan bersedia meluangkan waktu untuk menjaga binatang peliharaan? Jika iya, maka anjing atau kucing bisa menjadi pilihan. Jika tidak, pelihara saja kura-kura.

Tingkatan kegesitan
Ada beberapa hewan peliharaan yang cukup gesit seperti anjing. Sebagai pemilik rumah, apakah Anda memiliki ruang yang cukup saat anjing itu berlarian. Jangan sampai hewan yang semestinya lincah justru "loyo" karena terlalu banyak dirantai dengan alasan tak ada tempat beraktivitas.

Anggaran yang diperlukan
Pemeliharaan binatang juga memerlukan biaya. Cobalah bertanya kepada pemilik hewan lain, semisal anjing, tentang besarnya uang yang harus dikeluarkan selama sebulan untuk berbagai kebutuhan seperti makanan, obat dan lain-lain. Lalu, bandingkanlah dengan pendapatan Anda! Jika terlalu besar maka keinginan untuk memiliki hewan sebaiknya ditunda dulu.

Janji kepada diri sendiri
Merawat hewan peliharaan butuh komitmen kepada diri sendiri. Apakah Anda siap menjaga, merawat dan menyayangi hewan itu sebaik-baiknya? Jangan sampai keinginan itu timbul karena ikut-ikutan teman atau trend.

Lingkungan sekitar
Cobalah mengamati lingkungan tempat tinggal Anda. Apakah mereka bersahabat kepada hewan? Semisal, ada beberapa tempat yang anti terhadap anjing. Perhatikan juga tingkat keamanannya. Burung jenis tertentu, anjing dan kucing ras rawan pencurian karena harganya yang mahal.

Alergi
Alergi menjadi persoalan yang sering dilupakan calon pemilik hewan. Sebelum membeli hewan tertentu, tanyakanlah kepada setiap anggota keluarga, apakah mereka alergi terhadap bulu binatang tertentu. Jika masih berminat juga, tanyakanlah kepada dokter keluarga agar alergi tak terus menerus menyerang.

Semoga tips hari ini berguna bagi Anda.

Salam

 

Tim Gudeg.net

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini