Tips Hari Ini

Tips Sukses Bekerja dari Rumah

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Working from home menjadi istilah yang populer saat kejenuhan bekerja di kantor muncul. Rumah yang pada awalnya digunakan sebagai tempat istirahat dan bertemu anggota keluarga berubah menjadi ruang kerja. Ada beberapa tips agar Anda pun bisa meraih sukses, meski dari kamar tidur. 

Fokus
Meskipun bekerja dari rumah, Anda tetap dituntut fokus pada tugas-tugas yang harus diselesaikan. Semisal, mulailah bekerja dari pukul 07.00 - 09.00. Jangan mengalihkan pikiran untuk menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya selama waktu yang ditetapkan. 

Disiplin
Disiplin ini sikap setia dan patuh atas komitmen yang dibuat dengan diri sendiri. Biasanya, gagal disiplin disebabkan karena seseorang kurang "tega" dengan diri sendiri dan banyak membuat alasan untuk mengingkari kesepakatan yang ada. 

Terorganisir
Buatlah "garis batas" yang tegas antara urusan pribadi dan pekerjaan. Secara konkrit, ada baiknya menyusun jadwal yang jelas dan terperinci serta mencantumkan apa saja yang mesti dilakukan pada jam-jam tertentu.

Mendesain ruang kerja
Meski di rumah, ada baiknya Anda menciptakan ruang kerja. Bisa di sudut kamar atau  bagian lain yang menurut Anda paling nyaman. Tujuannya ialah mengarahkan pikiran dan mengatur tubuh agar terbiasa bekerja di rumah.

Menumbuhkan kemampuan problem solving
Saat bekerja di rumah, Anda menjadi "petarung tunggal". Tentu saja, kondisi seperti ini menuntut Anda mampu menyelesaikan banyak persoalan sendirian. Selain urusan pekerjaan yang menggunung, ada lagi hal-hal remeh yang kadang menganggu, seperti printer ngadat, monitor tak menyala dan lain sebagainya. 

Menjadi introvert
Bagi mereka yang suka menyendiri (introvert) bekerja di rumah terasa lebih mudah. Artinya tak ada lagi hasrat yang membara untuk kongkow atau menikmati secangkir kopi bareng teman-teman lain. Fokusnya hanyalah tinggal di rumah dan menyelesaikan pekerjaan.

Membatasi diri
Seringkali hambatan bekerja dari rumah adalah "godaan" dari anggota keluarga yang lain. Untuk menyikapinya, Anda harus benar-benar tegas kepada diri sendiri. Tentukanlah, kapan saatnya bercengkrama, kapan saatnya bekerja.

Terus baca tips lainnya di #edisi100

 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini