Tips Hari Ini

5 Tips Melejitkan Kreatifitas Kerja

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Ribuan penemuan yang berguna bagi umat manusia tercipta karena kemampuan kreatif seseorang. Setiap orang bisa melatih agar daya cipta ini terus berkembang. Salah satunya dengan merubah kebiasaan sehari-hari. Tak perlu tunggu lama, Anda bisa memulainya sekarang juga. Ingin tahu caranya? Simak beberapa tips mudah di bawah ini!

Melatih pikiran
Tak hanya otot, otak pun perlu dilatih dan diasah. Caranya dengan mempelajari hal-hal baru. Semisal, jika sebelumnya Anda tak punya social media, cobalah untuk membuka akun di Facebook atau Twitter. Keinginan dan rasa penasaran untuk mempelajari media baru mampu merangsang daya cipta seseorang.

Hasrat meledak-ledak
Hasrat seperti ini menjadi pemicu kreatifitas seseorang. Ini karena sesorang menjadi "lebih banyak akal" dalam menyelesaikan persoalan. Dan seringkali cara-cara yang ditempuh diluar batas kewajaran alias "out of the box." Tugas Anda sekarang ialah menemukan topik atau hal yang menimbulkan hasrat membara.

Mengubah rutinitas
Kreatif itu berbeda. Hal inilah yang mesti dijadikan pegangan bagi setiap orang yang ingin menjadi pribadi kreatif. Salah satu caranya lewat perubahan rutinitas. Semisal, biasanya setelah mandi, Anda lalu minum secangkir kopi. Cobalah minum kopi dulu baru mandi. Lakukan juga untuk hal-hal lainnya. 

Baca, baca, baca
Kegiatan membaca sudah lama dipercaya sebagai pemicu kreatifitas. Selain menyerap informasi, lewat aktivitas ini Anda diminta mengerti dan menganalisa. Bacalah buku dari beragam jenis, mulai fiksi, non fiksi, novel sampai kumpulan cerpen. Bacalah juga buku yang tak Anda sukai.

Saat teduh
Kreatifitas bagaikan kopi yang siap diminum. Rutinitas dan kesibukan kerja seperti serbuk kopi yang diaduk bersama air panas. Sedangkan saat teduh seperti masa mengendapkan semua itu, lalu memilih mana yang layak diminum, mana yang tidak. Ambilah waktu sendiri dan tenang antara 10 - 30 menit per hari. Tulislah semua pikiran dan perasaan di buku atau notes. Disitulah keajaiban kreatifitas timbul.

Ikuti terus tips-tips gudeg.net lewat #edisi100.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini