Tips Hari Ini

Tips Sukseskan Bisnis Lewat 4 Strategi

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Bisnis, seperti halnya bidang kerja lainnya perlu strategi. Selain membantu para pebisnis menghadapi ketatnya persaingan, strategi yang mumpuni terbukti mampu membuat perusahaan tetap di jalur yang benar. Untuk meningkatkan kemungkinan suksesnya, strategi ini harus dijalankan setiap saat. Kalau perlu pengusaha dan jajaran manajemen membuat aturan yang tegas dalam pelaksanaannya.

Riset
Riset ini berguna di banyak hal. Selain menentukan produk atau jasa yang dibutuhkan masyarakat, riset diperlukan untuk menemukan kesalahan pada proses yang telah selesai. Tentu saja hal ini bertujuan agar perusahaan tak melakukan kesalahan yang sama di masa mendatang. Bahkan, peta kompetitor pun bisa diketahui lewat proses ini. Ibarat rumah, riset ialah pondasi yang menentukan kuat atau lemahnya sebuah bangunan. 

Sederhana
Baik perusahaan baru atau lama, keruwetan merupakan hal yang seringkali dihindari. Bentuk "benang kusut" ala perusahaan ini bermacam-macam. Bisa tujuan yang bias dan kompleks, standar operasi yang sulit dimengerti atau aturan-aturan lainnya. Para pengusaha sebaiknya menyederhanakan keruwetan yang ada. Jika segala sesuatunya lebih sederhana tentu membuat berbagai proses yang mengikutinya menjadi lebih sempurna.

Komponen
Setelah menentukan tujuan yang jelas, sekarang saatnya memilih "komponen" bisnis yang pas. Seperti halnya proses memasak, para juru masak bertujuan menghasilkan kue yang lezat. Lalu, bahan apa saja yang bisa mendukung tercapainya tujuan itu. Sebaiknya, segala komponen yang digunakan itu terukur agar bisa dilihat efektifitas penggunaannya. 

Refleksi
Seorang filsuf mengatakan hidup yang tidak direfleksikan adalah hidup yang membusuk. Hal yang sama terjadi juga dalam bisnis. Baik riset, penentuan tujuan serta komponen harus terus dilihat kembali prosesnya. Jadi perusahaan tak hanya melulu mengejar target pendapatan, tetapi juga berhenti sebentar dan melihat ke belakang. 

Semoga tips hari ini berguna. Ikuti terus tips-tips lainnya di #edisi100. 

 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini