Tips Hari Ini

Tips Siap Kerja Setelah Lulus Kuliah

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Sebentar lagi acara wisuda kembali digelar. Momen ini benar-benar dinanti para mahasiswa yang sudah bertahun-tahun menggeluti bangku kuliah. Orang tua dan kerabat pun demikian. Sebuah pertanyaan besar; setelah wisuda terus mau apa? Pilihannya bermacam-macam. Selain melanjutkan ke jenjang kuliah yang lebih tinggi, mereka bisa bekerja. Bagi yang ingin "mengadu peruntungan" di perusahaan milik orang lain atau bekerja sendiri, ada beberapa tips yang bisa dicoba. 

Buatlah keputusan sebelum wisuda

Ibarat pintu, wisuda seperti halnya pintu selamat tinggal bagi dunia perkuliahan, sekaligus pintu selamat datang di dunia kerja. Ada banyak mahasiswa yang berpikir tentang masa depannya setelah toga dipasang. Meskipun tidak terlambat, namun tindakan ini kurang bijak. Ada baiknya para mahasiswa menentukan tujuan hidup lebih dini. Sehingga setelah wisuda mereka lebih terarah dalam membuat keputusan dan strategi.

Jadi pegawai atau bekerja sendiri, ikuti saran ini...

Perbedaan utama antara mereka yang bekerja sebagai karyawan atau pengusaha ialah waktu. Staf memiliki jam kerja yang baku, semisal pukul 08.00 - 17.00. Sedangkan para pengusaha lebih bebas. Meskipun begitu, tak ada salahnya para sarjana muda ini (sambil menunggu  panggilan) memulai kebiasaan-kebiasaan baru. Semisal, bangun lebih pagi, menyiapkan diri untuk bekerja dan lain-lain.

Ini karena perusahaan tidak memberi toleransi keterlambatan atau alasan-alasan seperti tidak bisa bangun pagi dan lain-lain. Sama halnya dengan saat para sarjana itu memilih bekerja sendiri. Anggap saja bangun pagi adalah saat persiapan sebelum bertemu klien di siang hari. Percayalah, apa saja yang dipersiapkan hasilnya jauh lebih baik ketimbang yang tidak.

Mulai belajar mengejar target

Bagi yang sedang menunggu panggilan bekerja, cobalah membuat target pribadi. Semisal; dalam sehari mengirimkan 100 lamaran, menyapu dan mengepel rumah dan lain-lain. Pantang menyerah saat target belum rampung. Sikap hidup dan kebiasaan ini akan sangat membantu saat Anda bekerja di bawah tekanan. Jadi, sebelum ditekan orang lain, pacu diri Anda lebih dulu. 

Semoga tipa hari berguna. Ikuti tips lainnya setiap hari. Hanya di gudeg.net.

 


0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini