Tips Hari Ini

Tips Lebih Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Selamat! Anda yang sampai pada tahap wawancara biasanya sukses melewati serangkaian tes. Artinya, Anda semakin dekat dengan pekerjaan impian. Namun, pada tahap inilah "ketegangan" yang sesungguhnya terjadi. Anda tak hanya dinilai dari jawaban, namun juga dari sikap tubuh. Banyak pelamar mendadak gugup, kehilangan rasa percaya diri dan lain sebagainya. Untuk menghindarinya, ada beberapa tips mudah yang bisa dicoba;

Percayalah, wawancara = konfirmasi

Banyak rekan yang mengatakan enggan menghadapi wawancara. Alasannya karena takut pertanyaannya menjebak atau seperti ujian pendadaran. Menurut penulis, wawancara adalah melakukan konfirmasi atas surat lamaran yang dikirimkan. Jadi, selama apa yang tertulis itu benar, maka tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. 

Riset

Lakukanlah "riset kecil-kecilan" untuk mengetahui detail perusahaan yang dituju, industri yang digeluti serta kekuatan kompetitor. Riset ini membantu Anda lebih percaya diri saat menyongsong wawancara kerja. Biasanya, mereka yang kurang percaya diri adalah mereka yang tidak mempersiapakan diri dengan benar. 

Bacalah skripsi Anda lagi dan lagi

Banyak kasus saat wawancara, para pelamar justru diminta menjelaskan skripsi yang pernah dibuat. Celaka bagi mereka yang skripsinya dibuat orang lain. Namun, peluang emas bagi pelamar yang membuatnya sendiri. Baca! Ini cara terbaik mengingat kembali karya intelektual yang pernah Anda selesaikan. 

Pakaian

Gunakan pakaian terbaik yang Anda miliki! Meskipun begitu, tak perlu berlebihan. Posisikan diri Anda sebagai seorang profesional sukses di sebuah perusahaan.

Aksesoris dan kerapian rambut

Beberapa aksesori memang perlu. Baik laki-laki atau perempuan bisa menggunakan jam tangan ukuran sedang atau kecil. Sedangkan cicin cukup satu saja. Bagi pria, sebaiknya melepaskan semua anting. Sedangkan perempuan lebih baik mengenakan satu anting di setiap telinga. 

Bahasa tubuh

Bahasa tubuh seperti etalase pikiran dan perasaan. Mereka yang percaya diri dan optimis memiliki gesture berbeda daripada yang tidak. Awalilah hari wawancara kerja dengan pikiran dan semangat yang positif.

Sebelum memasuki ruang wawancara, ketuklah pintu terlebih dahulu. Lalu, ucapkan salam, "selamat pagi..." Tunjukkan sikap badan yang tegap. Jabatlah tangan setiap orang dengan penuh percaya diri. Setelah dipersilahkan, Anda bisa duduk. Angkatlah kursi, jangan ditarik, agar tak berbunyi. Lalu, letakkan kedua tangan di atas paha.

Tegakkan badan lalu tatap di titik antara kedua mata si pewawancara. Jawablah pertanyaan dengan jelas dan tegas. Jangan melantur atau menjawab berbelit-belit. Kalau tak tahu, Anda bisa mengatakan, "Maaf, saya tidak tahu..."

Semoga tips hari ini berguna. 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini