Pariwisata

GL Zoo Sediakan 1 Ton Ikan untuk Pakan Pinguin

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00
GL Zoo Sediakan 1 Ton Ikan untuk Pakan Pinguin



Pinguin subtropis asal Afrika Selatan mendapat jatah tandon ikan Capelin dari Amerika. Stok yang cukup fantastis itu disediakan oleh Kebun Binatang Gembira Loka sebanyak 1 ton. Menurut Manager Marketing & Pengembangan, Josep Kurniawan P, stok sebanyak itu cukup untuk 6 bulan. Sehingga, masing-masing pinguin mendapat jatah makan seberat 6 ons.

"Pinguin memiliki asupan ikan khusus selain Capelin seperti hearing, macarel, dan smelt dan ikan-ikan tersebut hanya berasal dari Amerika, sehingga sangat susah mendapatkan jenis ikan tersebut," ungkapnya.

Agar tidak kekurangan asupan makanan, secara infrastruktur pinguin yang masuk dalam wahana Bird Park of Gembira Loka Zoo pun dibuatkan tandon pakan yang dapat menampung ikan sebanyak 13 ton. Pihak Singapore Zoo pun masih terlibat dalam proses pasokan pakan pinguin agar pihak Gembira Loka tidak kelabakan.

Ide kreatif pun muncul, Gembira Loka pun kini sedang melakukan survei ikan lokal apa yang sekiranya dapat menggantikan capelin agar mudah mendapatkan stok makanan di Yogyakarta. "Tapi ini bukan priorotas utama, karena ikan lokal masih belum bisa menggantikan capelin yang memiliki tulang paling lunak, jika memang tidak ada, kami pun tidak akan melanjutkan proses pengembangan pakan lokal dan akan tetap impor," tukasnya.

Saat ditanya Tim Gudegnet mengenai perawatan, perilaku spesifik pinguin dan proses penjagaan stabilitas kesehatan, Josep mengaku telah mengirim dua orang staf termasuk dokter hewan untuk ditraining di Singapore Zoo selama 1 bulan sebelum 6 pinguin itu sampai ke Indonesia.

"Selama sepekan kemarin pun zoo keeper asal Singapura juga kami minta untuk terus memberikan training khusus pada sfat kami, bagaimana cara terbaik untuk merawat dan mengobati jika pinguin dalam kondisi tak sehat,"jelasnya.

Secara infrastruktur, Kebun Binatang Gembira Loka telah melengkapi kandang pinguin dengan pendingin udara, filter air, pompa air khusus, serta cek & ricek PH air secara rutin. Pinguin Jackas mampu bertahan dalam kondisi suhu yang tidak terlalu dingin antara 18 derajat - 20 derajat celcius terdiri atas 3 jantan dan 3 betina.    

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini