Tips Hari Ini

Tips Aman Diet Cepat

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Seorang kolega mengeluhkan berat badannya yang terus naik. Keluhannya pun bermaca-macam. Selain kadang mengalami sesak napas, baju yang dulunya pas jadi terasa menghimpit tubuh. Lagi-lagi penampilan jadi korban berat badan berlebihan.

Bukannya ingin mencari solusi menurunkan berat badan, si kolega justru mengeluh. Efeknya pun jelas; berat badannya tak pernah turun. Kondisi psikologis juga menjadi negatif. Padahal, kalau mau mencari informasi, ada banyak cara agar berat badan turun. Caranya pun menyenangkan, cepat serta aman. Ingin tahu? Simak tulisan di bawah ini!

Bersepakat dengan diri sendiri

Sepakatilah tujuan bersama dengan diri sendiri. Semisal, Anda memiliki berat badan 70 kg. Lalu, Anda mentargetkan untuk turun 5 kg dalam waktu seminggu. Jadikan target itu tak hanya diucapkan, tetapi juga diresapi di dalam hati dan pikiran. 

Putarlah musik lembut ditemani cahaya redup

Seorang peneliti, Cornell Brain Wasink, Phd mengungkapkan hasil riset yang menarik. Menurutnya, musik pelan dan cahaya redup membuat seseorang mengkonsumsi makanan 175 kalori lebih sedikit ketimbang saat mereka makan ditemani musik keras dan cahaya terang benderang. Sebenarnya, ada dua hal yang terjadi saat itu: kecepatan makan Anda menjadi lebih lambat dan Anda jadi malas makan karena sajiannya sudah dingin.

Jangan menolak camilan

Yap! Benar!! Jangan pernah menolak camilan meskipun makanan ringan ini bikin tubuh jadi "melar." Semakin Anda menolak, hasrat untuk mencobanya semakin besar. Lebih baik saat Anda melihat camilan, katakan pada diri sendiri : aku ingin memakannya tapi nanti. Kalimat yang diucapkan terus menerus seperti ini akan membuat pikiran terpogram untuk menunda makan camilan. Lambat laun Anda pun jadi terbiasa. 

Terus lakukan aksi - refleksi

Buatlah catatan tentang apa yang sudah Anda makan. Lalu, lihatlah hasilnya! Apakah kemarin Anda memakan terlalu banyak daging, jeroan serta makanan berlemak lainnya? Jika iya, berjanjilah dengan diri sendiri, hari ini Anda akan memprioritaskan makan sayur dan buah.

Beristirahat dan tidurlah secukupnya

Seorang teman pernah mengeluh,"Aku ini begadang terus, tapi kok tambah gendut ya." Penelitian  Marie Pierre St. Onge, Ph D, asisten penelitian di Columbia University College menjelaskan kurang tidur justru menambah produksi hormon yang merangsang nafsu makan. Bahkan, secara fisiologis, hasil pemindaian (scan) otak mereka yang kurang tidur menunjukkan mereka lebih senang mengkonsumsi makanan.

Rutin menimbang badan

Timbanglah badan Anda secara berkala. Secara psikologis, Anda akan merasa "disemangati" setelah melihat angka yang terus mengecil. 

Sarapan sehat

Meskipun sedang diet, Anda sebaiknya tetap sarapan. Konsumsilah makanan sehat seperti buah dan sayur di pagi hari. Kebiasaan meninggalkan sarapan justru berpotensi membuat Anda gagal diet. 

Semoga Anda tetap sehat dan bersemangat. Bagikan tips ini kepada mereka yang Anda cintai.

Salam hangat,

 

 

Tim gudeg.net

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini