Tips Hari Ini

Tips Diterima Kerja di Perusahaan Impian

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Siapa sih yang tidak mau diterima bekerja di perusahaan impian? Saking maunya, malam-malam penantian pun diwarnai dengan mimpi-mimpi indah. Di antara mimpi-mimpi itu, harapannya, ada yang segera terwujud.

Sebagai bunga tidur, mimpi itu indah. Namun, jika kita hanya tidur, bunga itu akan kusam. Tiada lain, segeralah bangun. Persiapkan jurus-jurus terbaik untuk memastikan kelak benar-benar mimpi itu jadi kenyataan.

Dua pekan ini, saya diundang membekali calon lulusan sekolah vokasi di salah satu perguruan tinggi terbesar di tanah air. Untuk persiapan lulus tahun depan, sejak sekarang mereka sudah bersiap. Selain memastikan bahwa ijazah mereka nanti akan dipenuhi dengan nilai akademik yang bagus, mereka juga perlu membekali diri dengan berbagai kecakapan lunak (soft skill), seperti berkomunikasi, teknik menyusun surat lamaran, teknik wawancara, dll.

Nah, sebelum teknik-teknik tersebut dilatih, saya sarankan agar mereka menguasai tip-tip berikut jika mereka ingin diterima di perusahaan impian. Saya gunakan teknik sebab-akibat (cause-effect) secara hipnosis untuk mudahkan kuasai tips ini:

Kenali perusahaan tujuan

Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak melamar. Maka, penting pagi pelamar mengenali perusahaan yang dituju: nama, jenis bisnis, karakter perusahaan, kultur perusahaan, dan rekam jejak perusahaan. Kuasai semua informasi penting tentangnya. Penguasaan informasi ini yang kelak menentukan keberhasilan kita dalam memenangi seleksi. Perusahaan mana yang tidak terpikat pada pelamar yang mengenali perusahaan tersebut?

Kenali mimpi perusahaan

Setiap bisnis pasti mempunyai impian. Bisa jangka pendek, bisa jangka panjang. Mimpi perusahaan bisa dibaca dari rencana bisnis (business plan), rencana pemasaran (marketing plan), rencana keuangan dan investasi, dan rencana-rencana lainnya. Pada perusahaan terbuka kita bisa dengan mudah mengaksesnya. Pada perusahaan tertutup, kita harus bekerja keras untuk memperolehnya. Cari dan temukan. Perusahaan mana yang tidak terpikat pada pelamar yang mengerti mimpi perusahaan tersebut?

Kenali mimpimu

Anda sendiri pasti punya mimpi. Jika belum segeralah merumuskan. Hidup dengan mimpi adalah hidup yang pantas diperjuangkan. Dalam jangka pendek dan panjang, capaian hidup seperti apa yang anda inginkan terjadi? Kapan itu terjadi? Sudah terbayang apa yang akan anda lakukan ketika impian tersebut terjadi? Perusahaan lebih senang menerima karyawan yang punya mimpi.

Temukan mimpimu dan mimpi perusahaan

Sama-sama punya mimpi, sekarang pertemukanlah persamaannya. Yang terpenting di sini, karena anda mau bekerja pada perusahaan tertentu, maka pastikan bahwa mimpi anda selaras dengan mimpi perusahaan. Pastikan bahwa mimpi anda menyokong pencapaian mimpi perusahaan. 

Tentukan langkah mencapainya 

Mimpi saja tidak cukup. Segera bangun dan bangkit. Ujung dunia harus dimulai dari langkah pertama. Lanjutkan ke langkah kedua dan seterusnya. Susun rencana aksi untuk mencapai itu. Dalam konteks ingin bekerja di perusahaan impian, ya persiapkan kecakapan apa saja yang perlu anda kuasai supaya pasti diterima: ilmu sesuai bidang, bahasa, mental sukses, dll.

Sekarang anda mulai bisa merasakan bagaimana menjadi bagian dari perusahaan impian anda.



Salam impian,

@AAKuntoA

CoachWriter | www.solusiide.com 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini