Tips Hari Ini

Cara Mengatasi Anak yang Enggan Masuk Sekolah

Oleh : Thia Destiani / Jumat, 07 Agustus 2015 03:05

Pertanyaan

Selamat pagi,

Perkenalkan, nama saya Larasanti. Saat ini anak saya umurnya 7 tahun. Dia sudah ada di sekolah dasar dekat rumah. Saya mengamati anak saya sejak dari liburan tahun lalu dan sekarang. Setiap kali selesai liburan pasti dia takut masuk sekolah. Lalu, saat ditanya alasannya, dia cuma menggeleng. Saya tanya ke gurunya, juga katanya tidak terjadi apa-apa. Kalau menuruti pikiran positif, saya menganggapnya hal wajar untuk anak usia 7 tahun. Namun, kalau lihat berita di media, saya jadi kawatir, jangan-jangan terjadi hal yang "buruk". Namun, tidak diketahui pihak sekolah dan tidak terkatakan. Hati saya gelisah. Lewat rubrik yang berguna ini, saya mohon pencerahan dari rekan-rekan AISHA parenting yang baik. Apa yang seharusnya saya lakukan untuk mengatasinya? Untuk gudeg.net terima kasih juga.

Salam hangat,

 

Larasanti, Wedomartani

 

Jawaban

Selamat pagi Ibu Larasanti di Wedomartani, terimakasih atas pertanyannya. Berikut jawaban konsultasi Ibu Larasanti.

Untuk anak dengan usia +- 7 tahun memang sangat wajar apabila belum memiliki kestabilan pola emosi. Namun, apabila orangtua merasa khawatir beberapa tips sederhana ini semoga dapat membantu:

1. Beban pelajaran yang terlalu berat

Beban di sekolah yang terlalu berat juga bisa menjadi salah satu alasan anak untuk takut berangkat ke sekolah. Tanyakan kepada anak apakah mereka membutuhkan bantuan Ibu, dan jangan terlalu memaksakan anak untuk mengerjakan semua tugasnya secara bersamaan, biarkan itu menjadi latihan bagi anak untuk mengatur waktunya secara efektif dan efisien.

2. Gangguan dari teman

Apabila mendapat intimidasi atau bullying dari temannya, biasanya anak akan menutupi permasalahan yang mereka miliki, dan tidak akan memberitahu Ibu terkait dengan intimidasi yang mereka dapatkan. Lakukan pendekatan secara halus dan perlahan pada anak, tanyakan pada mereka apakah yang sedang mereka rasakan dan alami, berikan saran yang bisa mereka lakukan untuk mengatasi intimidasi tersebut, dan apabila belum dirasa berlebihan, Ibu tidak perlu menemui anak yang mengintimidasi putra Ibu.

3. Rasa malas

Biasanya kalau anak sudah merasa malas untuk melakukan sesuatu, mereka akan beralasan sedemikian rupa agar keinginannya tercapai. Misalkan, dengan cara berpura-pura takut bersekolah.

4. Ada masalah di sekolah

Sesekali, Ibu bisa mencoba untuk datang ke sekolah putra Ibu untuk berkonsultasi dengan Bapak atau Ibu Guru, siapa tahu ada permasalahan di sekolah yang belum Ibu ketahui terkait dengan anak. Sedikit saran dan tips dari kami, semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

Aisha Parenting

www.aishaparenting.com

@twit_aisha

"We strive to engage mindful parents to develop good reading and eating habits, as well as to stimulate creativity at home"

 

 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini