Tips Hari Ini

Tips Menulis Naskah Pidato Memukau

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Berpidato di depan publik bukan perkara gampang. Baik bagi yang sudah terbiasa maupun belum, pidato yang baik tetaplah pidato yang dipersiapkan secara baik pula. Nah, salah satu persiapan terbaik yang biasa ditempuh orator terbaik adalah menuliskan naskah pidatonya terlebih dulu. Bukan selalu untuk dibacakan melainkan untuk dipahami isi dan alur penyampaiannya.

Nah, bagaimanakah menulis teks pidato yang baik secara isi dan memukau ketika disampaikan? Sambil menyiapkan diri, silakan simak anjuran berikut ini:

Kuasai materi presentasi

Semakin dekat kita dengan materi yang kita bawakan semakin baik. Dekat artinya merupakan topik yang kita kuasai betul A-Z-nya. Semakin dekat semakin mudah menguasai.

Latih sampai letih

Bahkan orator-orator ulung pun suka berkaca. Posisi berdiri, artikulasi, intonasi, bahkan gerakan tangan mereka latih supaya mendekati saat benar-benar tampil di depan publik. Visualisaikan sampai persis seperti yang akan terjadi.

Kenali audiens

Beda audiens beda respon yang mungkin kita dapat. Ada yang suka bercanda, ada yang sangat serius, ada yang suka variasi keduanya. Pastikan materi yang kita bawakan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tandai yang penting

Persiapan yang baik berarti juga persiapan untuk fleksibel. Ada kalanya, teks yang kita siapkan tidak banyak berguna. Rupanya audiens sangat cair sehingga mengalir pula ide yang mau kita sampaikan. Nah, supaya tidak tergelincir ke luar tema, tandai hal-hal penting yang harus kita sampaikan.

Latih sampai letih

Dan terus begitu sampai kita semakin mahir dalam menyihir audiens. Kesediaan untuk terus berlatih sekaligus membuka banyak pintu untuk menemukan cara-cara baru supaya pidato kita makin memukau.

 

Salam memukau,




@AAKuntoA | www.solusiide.com

 

 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini