Toponim Jogja

Baru Permulaan! Ini 11 Kampung di Kotagede yang Memiliki Sejarah Hebat (1)

Oleh : Albertus Indratno / Senin, 11 April 2016 16:00
Baru Permulaan! Ini 11 Kampung di Kotagede yang Memiliki Sejarah Hebat (1)


Kampung-kampung di Kotagede ini unik dan memiliki kisahnya masing-masing. Tim gudeg.net merangkumnya dari beberapa sumber dan dijadikan listicle, 11 Kampung di Kotagede yang Memiliki Sejarah Hebat. Ini dia hasilnya.   

#1 Kampung Baluwarti

Kampung Baluwarti dari kata Baluwarti diperkirakan  bermula  dari kata “baluwarti”, yang berarti tembok benteng sisi luar. Jika dirunut, Baluwarti di Kotagede jalurnya berawal dari kampung Baluwarti ke selatan, terus mengikuti aliran sungai Manggisan sampai di dukuh Sareman, lalu berbelok ke barat, terus ke utara mengikuti aliran sungai Gajahwong lalu kembali ke kampung Baluwarti.

#2 Kampung Basen

Kampung Basen di Kotagede berada di kawasan  sisi  utara Pasar Gede, termasuk dalam wilayah  administratif Kelurahan Purbayan. Dulunya di daerah ini tinggal Kyai Basah. Oleh karenanya warga sekitar  menyebutnya “basahan”. Seiring berjalannya waktu, kata “basahan”  berubah menjadi basen.

#3 Kampung Bathikan

Kampung Bathikan bermula  dari kata “bathik”. Dulunya di kawasan  tersebut bermukim para pembatik.

#4 Kampung Belehan

Kampung Belehan berada di sudut barat-laut tembok benteng Baluwarti. Kampung ini menjadi tempat sungai Gajahwong dipindahkan alirannya atau dalam bahasa Jawa-nya disebut disudhet atau dibeleh.
 
#5 Kampung Bodhon

Kampung Bodhon termasuk di wilayah kelurahan Jagalan, kecamatan Banguntapan, Bantul. Kata “bodhon” bermula  dari nama Kyai Bodho. Beliau seorang abdi dalem Sultan Agung yang  bertanggung-jawab merawat kuda kesayangannya.

#6 Kampung Boharen

Kampung Boharen ada di timur Pasar Gede. Kampung ini termasuk dalam kawasan kelurahan Purbayan. Istilah “boharen” diperkirakan berasal dari bahasa Arab yaitu buchari. Penduduk sekitar lebih mudah mengucapkannya sebagai “buhari”.  Versi lainnya mengatakan kampung ini diperkirakan dulunya menjadi tempat tinggal Kyai Buchari, seorang ahli agama.

#7 Buk Dhekem

Buk Dhekem berada di dekat Kampung Jagalan, lokasinya di ujung gang Celenan sampai ke pinggir Kali Gajahwong. Disebut Buk Dhekem karena dulunya di jalan ini ada bangunan berupa buk atau jembatan yang memiliki gorong-gorong kecil yang berfungsi menyeberangi parit.

Lalu, ketika dilaksanakan perbaikan jalan, buk itu dirubuhkan. Lalu, terkesan ndhekem. Itu istilah dalam bahasa Jawa yang berarti jongkok. Tempat tersebut lalu terkenal dengan nama Buk Ndhekem. 

#8 Kampung Bumen

Kampung Bumen berada di sisi  timur-laut Pasar Gedhe. Kampung ini secara administratif termasuk di kawasan administratif kelurahan Purbayan. Kata “bumen” diperkirakan karena dulunya disana terdapat kediaman Pangeran Mangkubumi, saudara Panembahan Senapati.

#9 Cokroyudan

Kampung Cokroyudan berada di sisi  selatan Masjid Agung Kotagede.  Kampung  ini ada kawasan  administratif kelurahan Purbayan. Kata “Cokroyudan” diperkirakan  berawal dari nama kelompok prajurit pengawal raja yang disebut Cokroyudo. 

#10 Kampung Dalem

Kampung Dalem berada di selatan  alun-alun. Dekat kampung Dalem terdapat Kedhaton dan Watu Gilang. Sedangkan kata Dalem menggambarkan dulunya di tempat tersebut berdiri tempat tinggal raja yang menjadi bagian inti kraton Mataram. Sekarang di kampung Dalem berdiri Kompleks Pasareyan Hastarengga yang berfungsi sebagai makam para bangsawan keturunan Sultan HB-VIII dari Kasultanan Yogyakarta.

#11 Kampung Danalayan

Kampug Danalayan ada di sisi selatan Masjid Gede. Dulunya, diperkirakan di kawasan  ini berdiri Taman Danalaya. Menurut Babad Tanah Jawi, pembangunan Taman Danalaya atas perintah Panembahan Seda ing  Krapyak.
 

Semoga informasi di atas berguna ya. Simak terus sejarah nama-nama tempat di Yogyakarta hanya di www.gudeg.net.

Diolah dari Ensiklopedia Kraton Yogyakarta, Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Jika Anda ingin memberikan informasi tentang sejarah atau latar belakang kampung Anda di JOGJA silahkan kirim ke email bertus@gudeg.net


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini