Toponim Jogja

Ini 8 Kampung di Kotagede yang Sejarahnya Membanggakan (3)

Oleh : Albertus Indratno / Rabu, 13 April 2016 15:00
Ini 8 Kampung di Kotagede yang Sejarahnya Membanggakan (3)


Setelah menyelesaikan bagian pertama dan kedua, sekarang saatnya membaca kampung-kampung lainnya di Kotagede.  Sementara rampungkan dulu menikmati informasi 8 Kampung di Kotagede yang sejarahnya membanggakan ini. Besok kita lanjutkan.

#1 Kampung Jagaragan

Kampung Jagaragan berada di sebelah timur laut  Kedhaton. Sebutan Jagaragan diperkirakan karena disana dulunya menjadi kediaman Pangeran Jagaraga, putera Panembahan Senapati.

#2 Kampung Jagungan

Kampung Jagungan berada di sebelah timur Pasar Gedhe, persisnya dekat jalan ke arah kampung Mutihan, yang berbatasan langsung Kampung Buharen dan Selokraman.  Secara administratif kampung tersebut termasuk ada di wilayah  RT 48/RW 11, kelurahan Purbayan. Sebutan Jagungan berawal dari kata jagung. Dulunya, diduga kawasan  ini merupakan kebun jagung.

#3 Kampung Jayapranan

Kampung Jayapranan berada di sebelah tenggara Pasar Gede, di sebelah selatan kampung Selakraman.  Kampung ini termasuk kawasan desa Singosaren, kecamatan Banguntapan, Bantul. Sebutan Jayapranan diduga karena dulunya disana hidup Kyai Jayaprana. Beliauy tokoh spiritual di masa pemerintahan Panembahan Senapati.  Pada masa lampau, daerah ini termasuk kawasan  Pura Pakualaman. Sering disebut juga sebagai Jayapranan PA.

#4 Kampung Kabekelan

Kampung Kabekelan merupakan dampak dari perubahan pembagian kawasan di Kotagede sekitar tahun 1912-1917. Ketika itu, wilayah Kotagede terbagi dalam dua kawasan  Kabekelan, yaitu Kabekelan Sudagaran dan Kabekelan Pekarangan. Kabekelan Sudagaran berada di pusat kota Kotagede. Pada bagian dalamnya terdapat sisa-sisa peninggalan kraton Mataram Islam. Sedangkan di bagian selatan terdapat tanah kosong, kampung Kedhaton, kampung Dalem, serta kampung Pondhongan di sebelah barat.

#5 Kabekelan Pekarangan

Kabekelan Pekarangan ini mengelilingi pusat kota Gedhe atau kabekelan Sudagaran. Dulunya, diduga kawasan  ini menjadi daerah  pertanian atau kebun  karena disekitarnya terdapat wilayah yang memiliki nama yang berkaitan dengan pertanian misalnya Bumen, Kembang, Patalan, dan Kitren.

#6 Kampung Karangduren

Kampung Karangduren letaknya di sebelah barat-daya Pasareyan Ageng Kotagede. Kampung  ini termasuk kawasan  desa Jagalan, Bantul. Sebutan Karangduren menunjukkan dulunya di tempat ini ada kebun durian.

#7 Kampung Keboan

Kampung Keboan letaknya di sisi timur – laut pasar Kotagede. Persisnya di sebelah timur Kantor Pegadaian Kotagede. Secara administratif kampung Keboan ada di kelurahan Basen. Diperkirakan sebutan Keboan berawal dari kata kebo atau kerbau. Sayangnya, dugaan ini masih simpang siur.

#8 Kampung Kedhaton

Kampung Kedhaton letaknya sisi selatan Masjid Mataram, Kotagede. Kata Kedhaton menjadi padanan kata “kraton”. Diperkirakan, dulunya di tempat itu berdiri kraton Mataram-Islam.  Saat ini disana ada sebidang tanah berupa ruang terbuka. Faktanya, disana tidak ada yang berani mendirikan bangunan apapun karena masyarakat yakin situs tersebut pada masa lampau  menjadi pusat kraton Mataram-Islam.

Semoga informasi di atas berguna ya. Simak terus sejarah nama-nama tempat di Yogyakarta hanya di www.gudeg.net.

Diolah dari Ensiklopedia Kraton Yogyakarta, Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Jika Anda ingin memberikan informasi tentang sejarah atau latar belakang kampung Anda di JOGJA silahkan kirim ke email bertus@gudeg.net

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini