Tips Hari Ini

Tips Ke Pasar Malam Sekaten Jogja

Oleh : Veronika Sekar / Senin, 28 November 2016 15:38
Sumber foto : http://yogyakarta.panduanwisata.id

 

Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Yogyakarta merupakan event tahunan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jogja dan sekitarnya. Konsep pasar malam yang merakyat ini membuat banyak orang berbondong-bondong mulai dari anak-anak, dewasa, tua, muda, pelajar, bahkan orang kantoran. Perayaan Sekaten ini sudah rutin diadakan setiap tahun untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tahun ini, Sekaten mulai digelar dari tanggal 18 November – 11 Desember 2016 di Alun-alun Utara Yogyakarta. Berikut Tim Gudegnet memberikan tips-tips untuk ke Sekaten:

#1 Gunakan Sandal

Penyelenggaraan Sekaten pada musim hujan membuat lokasi Sekaten menjadi becek. Oleh karena itu, gunakan sandal jepit atau sepatu karet agar kamu dapat berjalan dengan nyaman dan tidak takut sepatumu kotor.

#2 Sedia Payung Sebelum Hujan

Hujan bisa sewaktu-waktu datang. Walaupun ada banyak kios dan lorong-lorong yang memasang terpal, namun sebaiknya kamu membawa payung sendiri agar lebih aman dan leluasa berjalan-jalan. Karena pada saat hujan banyak orang akan beramai-ramai berteduh di suatu tempat sehingga suasana menjadi gerah dan tidak nyaman.

#3 Bawa Minum Sendiri

Area Sekaten sangat luas, kamu akan capek kalau berjalan dari ujung ke ujung. Oleh karena itu bawalah minum sendiri walaupun hanya air putih. Selain untuk berhemat, uang untuk membeli air minum dapat digunakan untuk naik wahana atau jajanan lainnya.

#4 Naik Motor Saja, Jangan Mobil

Pada saat Sekaten, banyak orang dari berbagai daerah antusias untuk datang ke sana. Hal itu menyebabkan keramaian yang luar biasa. Kantong-kantong parkir yang ada tidak muat untuk menampung kendaraan pengunjung sehingga badan jalan dan trotoar pun digunakan untuk parkir. Sebaiknya kamu jangan menggunakan mobil karena akan susah mencari tempat parkir dan kemacetan yang  panjang di area tersebut. Naiklah motor dan cari tempat parkir yang aman.

#5 Jaga Selalu Barang Bawaan Anda

Di area keramaian Sekaten yang berjubelan tetap waspada dengan barang bawaanmu. Jika memakai tas selempang, letakkan tas di depan badanmu dan juga jangan sering-sering mengeluarkan handphone apalagi main handphone sambil jalan karena dapat nabrak orang di depanmu. Selain itu kamu malah tidak menikmati suasana Sekaten jika terlalu sering main handphone, atau apesnya lagi pada saat main handphone kemudian handphonemu dibawa lari orang. Pasti ngga mau kan?

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini