Tips Hari Ini

5 Tempat Wisata di Sekitar Malioboro

Oleh : Veronika Sekar / Kamis, 29 Desember 2016 10:48
Foto oleh: www.info-jogja.com

 

Yogyakarta, www.gudeg.net - Jika Anda merencanakan liburan ke Jogja pada akhir tahun atau peak season pastilah kemacetan ada di mana-mana. Tapi jangan khawatir, jika Anda menginap di sekitaran Malioboro 5 destinasi wisata ini bisa dikunjungi hanya dengan berjalan kaki sambil menikmati suasana Jogja. Mana saja tempatnya? Berikut Tim Gudegnet menyajikannya untuk Anda.

#1 Pasar Beringharjo

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh, Pasar Beringharjo merupakan tempat yang tepat. Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional yang sangat lengkap dan juga merupakan bangunan bersejarah. Pasar ini juga merupakan tempat yang wajib dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Jogja. Anda dapat membeli batik, kaos oblong, tas, souvenir, aneka camilan khas Jogja, dan oleh-oleh lainnya. Jangan lupa menawar untuk mendapatkan harga yang miring.

#2 Benteng Vredeburg

Sebelah selatan Pasar Beringharjo terdapat Benteng Vredeburg. Benteng Vredeburg merupakan bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih terawat dan juga menjadi destinasi wisata para wisatawan. Benteng yang dibangun pada tahun 1765 oleh Pemerintah Belanda ini digunakan untuk menahan serangan dari Kraton Yogyakarta. Bangunan era kolonial ini menjadi spot yang menarik untuk berfoto. Selain itu, kita juga dapat belajar sejarah dan melihat koleksi-koleksi museum.

#3 Titik Nol

Di sebelah selatan Benteng Vredeburg kita akan bertemu dengan perempatan yang sering disebut dengan Titik Nol. Di malam hari, Titik Nol menjadi tempat nongkrong anak muda dari berbagai daerah. Tak heran karena di tempat ini merupakan ruang publik yang mengakomodasi banyak komunitas dan tempat pertunjukkan berbagai atraksi. Selain itu, di daerah ini terdapat gedung-gedung bersejarah terawat dan dihiasi dengan lighting yang cocok sekali untuk spot foto.

#4 Museum Kereta Kraton

Di area alun-alun utara tepatnya di Jalan Rotowijayan, Anda dapat berkunjung ke Museum Kereta Kraton Yogyakarta. Museum ini digunakan untuk menyimpan beragam koleksi kereta kuda milik Keraton Kasultanan Yogyakarta. Pada jaman dahulu kereta-kereta tersebut dahulu merupakan kendaraan para sultan untuk berbagai keperluan dan acara yang diselenggarakan Keraton Yogyakarta. Sebagian koleksi kereta sampai saat ini masih digunakan dalam upacara-upacara tradisi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

#5 Kraton Yogyakarta

Ke Jogja kurang lengkap tanpa berkunjung ke Kraton Yogyakarta. Kraton dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari Malioboro. Anda dapat berfoto di pelataran Kraton Yogyakarta, jika ingin melihat sejarahnya, Anda dapat berkunjung ke museum yang terdapat di dalam Kraton. Sebagai pusat kebudayaan Jawa, Kraton memiliki koleksi-koleksi dan juga peninggalan sejarah dari sultan-sultan terdahulu.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini