Seni & Budaya

Kampung Batik Giriloyo, 4 Abad Membatik Tulis

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 16 Februari 2017 11:00
Perajin batik di Giriloyo

 

Yogyakarta, www.gudeg.net - Kita boleh mengikuti tren fashion terkini dan kemajuan teknologi. Namun, alangkah kerennya kalau kita tetap melestarikan budaya leluhur kita. Budaya yang satu ini telah menjadi identitas Bangsa Indonesia. Ya, warisan budaya itu adalah batik. Di Jogja, ada lho kampung yang sudah menjadi kampung batik sejak sekitar  4 abad yang lalu. Udah lama banget kan? Namanya Kampung  Batik Giriloyo.

Kampung yang terletak di kaki bukit makam raja – raja di Imogiri ini sudah menjadi kampung batik, dimana mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pembatik dan abdi dalem,  sejak 1700-an. Demikian informasi yang disampaikan oleh Zaid Romli, bagian pemasaran dari Kampung Batik. Saat ini kampung yang ditetapkan sebagai Desa Wisata sejak tahun 2008 ini menawarkan paket wisata batik untuk wisatawan yang ingin belajar membatik. Para peserta akan diajarkan dan diberi penjelasan mengenai proses membuat batik secara sederhana.

Sebagai informasi, paket wisata bisa dimulai dari jumlah peserta 5 orang. Kisaran biaya mengikuti workshop pembuatan batik adalah Rp. 25.000, Rp. 35.000 dan Rp. 50.000, bergantung pada total jumlah peserta yang ikut dan paket yang dipilih. Giriloyo merupakan sentra batik, khususnya batik tulis. “Peserta akan mendapat kain kecil 40 cm, diajarin membatik, kemudian diwarna” kata Zaid Romli. Hasil karya peserta bisa dibawa pulang. Menarik kan?

Pada tahun 2006 silam, ketika gempa besar mengguncang Jogja, kegiatan ekonomi di Giriloyo mati. Banyak usaha batik di Giriloyo yang gulung tikar. Setelah banyak LSM datang membantu dengan bekerja sama dengan masyarakat, Giriloyo dapat bangkit kembali.

Selain dapat mengikuti workshop pembuatan batik, Giriloyo juga menawarkan kulinernya yang khas. Menu yang bisa dinikmati di sini adalah “Pecel Kembang Turi”. Bisa dicoba nih buat kamu yang ingin wisata budaya. Sudah dapat pengetahuan tentang batik, bisa mencicipi kuliner khas nya juga. Suasana kampung batik yang asri dan sepi khas pedesaan pas banget untuk refreshing dan mencari suasana baru.

Kampung Batik Giriloyo ada di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari RT 02/Rw 20, Imogiri, Bantul. Jadwal paket wisata akan menyesuaikan permintaan dari peserta.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini